Okebiz Video Search



Title:Pendakian Puncak Dinding Ari | Puncaknya Gunung Galunggung | Part 1
Duration:19:47
Viewed:53,790
Published:05-08-2020
Source:Youtube

Informasi seputar Puncak Dinding Ari: https://www.instagram.com/dingdingari...



Siapa nih yang kemarin udah ngerekomendasiin kita buat naik ke gunung ini? Sekarang sudah tak penuhi ya 

Jadi pendakian kita sekarang ini dipandu oleh tour guide sekaligus sesepuh yang mempelopori pembukaan jalur pendakian Puncak Dinding ari ini, tiada lain dan tiada bukan yaitu Abah Toteng.

Beliau ini sejak tahun 1996 sudah mengantar orang untuk naik kesini, tapi pada saat itu yang diantar bukan pendaki, melainkan ahasiswa-mahasiswa yang akan melakukan penelitian. Nah periode antara tahun 96-98, abah masih beberapa kali ngantar tamu kesini. Namun dari tahun 98, abah fakum karena gak ada lagi mahasiswi yg melakukan penelitian.

Baru di tahun 2017, ada 2 universitas yang melakukan penelitian lagi. Nah entah bagaimana ceritanya, sejak saat itu jadi ada beberapa pendaki juga minta diantar sama abah. Karena mungkin sekarang efek media sosial yg begitu cepat menyebar, ditambah lagi aktivitas naik gunung lagi hipe banget, jadinya sekarang di tiap minggunya, abah pasti bolak balik naik kesini, untuk mengantar pendaki.

Hingga pada saat video ini buat, jalur pendakian ini belum resmi ya teman B, lagi diajuin sih katanya. Makanya mungkin ada beberapa hal yang wajib kalian patuhi, jika kebetulan kalian berencana akan naik ke puncak gunung Galunggung ini.

Yang pertama, segala resiko apapun yang terjadi, kita harus tanggung sendiri. Jadi kalau misalkan ada kejadian yang tidak diinginkan, kalian jangan harap ada asuransi. Makanya mungkin terutama buat adek-adek yang belum punya KTP, saya menghimbau jangan dulu naik gunung deh, daripada nantinya kalian nyusahin Banyak orang. Tapi kalian jangan salah faham, yang saya bilang belum punya KTP itu hanya kiasan saja. Point pentingnya adalah kalian yang belum bisa bertanggung jawab pada diri sendiri.

Terus poin yang keduanya, karena dipuncak tidak ada cukup luas tempat buat ngecamp, makanya kalian wajib konfirmasi dulu sama abah, jika kalian berencana akan naik. Tujuannya buat apa, yaitu biar abah bisa mengatur atau mengkondisikan, agar yang naik hari itu dipastikan kebagian tempat untuk camp. Lalu kalau dilarang sama abah, kalian jangan ngeyel. Kalian maksa naik, terus setelah nyampe atas kalian mau camp dimana? Nanti ujung-ujungnya nyusahin abah juga. Dan ini juga kejadian loh pada saat pendakian kita sekarang, banyak banget pendaki yg ngeyel 

Mungkin kalian bakal nanya, emang harus banget ya bookingnya sama abah? Emang gak bisa ya klo ke orang lain?
Klo menurut saya cukup beralsan sih kenapa harus ke abah, karena semua tempat atau spot untuk camp yang ada, yang bikin atau yg nyiapin yaitu abah. Jadi sudah seharusnya kita menghargai keringat dia.

Dan selama ini abah juga tidak pernah mematok pendaki harus bayar berapa, tapi kitanya aja yang harus lebih peka. Belum lagi kalo dia sampe pergi ke atas untuk nemenin, itu semua demi memastikan agar kita semua baik-baik saja.
Tapi semua yang saya ceritakan barusan itu berlaku selama jalur pendakian ini belum resmi, saya gak tau kedepannya apa yang bakal terjadi.



Gear yang digunakan dalam Pembuatan Video ini :
Eos M3: https://invol.co/clk7yn
Osmo Pocket: https://invol.co/clk7ym
Moza Mini S: https://invol.co/clk7yg
Huawei P30 Pro: https://invol.co/clk7yo
iPhone 7 : https://invol.co/clk7yp

======= Temukan Saya di media sosial=======
Youtube: https://www.youtube.com/BodinkArtvent...
Facebook: https://web.facebook.com/bodinkartven...
Instagram: https://www.instagram.com/bodinksvriadi/
Email: bodinks23@gmail.com


Title: Feel Again (NCS Realease)
Composer: Culture Code ft. Harley Bird
Link: https://www.youtube.com/watch?v=YGLA_...

Title: Voyage
Composer: Ikson
Link: https://www.youtube.com/watch?v=Omrxa...

Title: Dont Worry
Composer: Ikson
Link: https://www.youtube.com/watch?v=KjhtB...

Title: Forever
Composer: atch
Link: https://www.youtube.com/watch?v=xcFWD...

©68975

SHARE TO YOUR FRIENDS


Download Server 1


DOWNLOAD MP4

Download Server 2


DOWNLOAD MP4

Alternative Download :



SPONSORED
Loading...
RELATED VIDEOS
Pendakian Puncak Dinding Ari | Puncaknya Gunung Galunggung | Part 2 Pendakian Puncak Dinding Ari | Puncaknya Gunung...
24:11 | 44,727
Negeri Awannya  Tasikmalaya - Puncak Dinding Ari Kawah Galunggung Negeri Awannya Tasikmalaya - Puncak Dinding Ar...
23:37 | 125,339
KISAH MISTIS PENDAKIAN GUNUNG MERAPI 1997, MELANGGAR TITAH SANG KUNCEN #1 KISAH MISTIS PENDAKIAN GUNUNG MERAPI 1997, MELA...
47:29 | 373,145
Gunung Sagara | View Puncak Gunung Terbaik Yang Ada Di Garut Gunung Sagara | View Puncak Gunung Terbaik Yang...
35:49 | 92,774
Gunung Gede rame pisan macet padat banget, lintas jalur via gn. Putri - via Cibodas Gunung Gede rame pisan macet padat banget, lint...
37:29 | 388
Apa sih yang Dicari Adinda Thomas saat Naik Gunung? Apa sih yang Dicari Adinda Thomas saat Naik Gun...
18:27 | 95,458
SOLO CAMPING | SENDIRIAN NEKAT MASUK KE TENGAH HUTAN YANG BELUM ADA JALAN SOLO CAMPING | SENDIRIAN NEKAT MASUK KE TENGAH ...
05:38 | 98,438
Gunung Sumbing Via Garung | Jalur Paling Ekstrim Gunung Sumbing Via Garung | Jalur Paling Ekstrim
21:47 | 213,352


coinpayu